Berita

Kontak

Alamat :

Jalan Lintas Sumatera Km. 13 Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak

Telepon :

0755-380563 - 0755-380920

Fax :

0755-380563

Email :

infosmarak1.sch.id/sma1singkarak@gmail.com

Website :

smarak1.sch.id

Media Sosial :

PENGUMUMAN UN

PPDB ONLINE

Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 X Koto Singkarak berjalan lancar

Pada hari sabtu tanggal 20 Novemver tahun 2021 kemarin telah dilaksanakan kegiatan PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) di SMA Negeri 1 X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Kegiatan penilaian kinerja kepala sekolah merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.

 

Kepala Sekolah sebagai pimpinan tertingi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah. Adapun standar minimal prosedur tugas Kepala Sekolah dapat digolongkan menjadi tujuh pokok sebagai berikut :

Kepala Sekolah Sebagai Pendidik (Edukator).

Kepala Sekolah Sebagai Manajer.

Kepala Sekolah Sebagai Administrator.

Kepala Sekolah Sebagai Supervisor (Penyelia).

Kepala Sekolah Sebagai Leader (Pemimpin).

Kepala Sekolah Sebagai Inovator.

Kepala Sekolah sebagai Motivator.

 

Tujuan dari diadakannya PKKS ini salah satunya adalah untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpin. 

Aspek PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah)  diantaranya komitmen terhadap tugas, pelaksanaan tugas, dan hasil kerja. Adapun kompetensi yang dinilai hanya terfokus pada bidang manajerial, bidang kewirausahaan dan bidang supervisi guru dan tenaga kependidikan.

 

Tim penilai yang berasal dari pengawas sekolah dilingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Arosuka yang meliputi daerah binaan dan pengawasan Kabupaten Solok, Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan. Tim yang datang untuk melakukan penilaian kinerja Kepala SMA Negeri 1 X Koto Singkarak terdiri dari 3 (tiga) orang yang diketuai oleh Bapak Drs. Asrijal, MM selaku koordinator pengawas yang didampingi oleh asesor Bapak Ir. Baharuddin Harahap, M.Pd dari pengawas SLTA dan Bapak H. Drs. Syafrial, MM yang berasal dari pengawas SMK.

 

Menurut Bapak Drs. Asrijal, MM bahwa penilaian ini adalah merupakan kegiatan rutinitas yang dilaksanakan setiap tahun, dan untuk kegiatan ini seharusnya sekolah tidak perlu khawatir akan proses penilaian ini selagi laporan dan bukti yang disertakan itu merupakan kegiatan yang rill dan betul – betul dilaksanakan. Dan hal ini juga ditambahkan oleh tim asesor yang disampaikan oleh Bapak Ir. Baharuddin Harahap, M.Pd bahwa dalam segala hal kegiatan sekolah kita harus memakai prinsip ISO (International Standar Organitation) yaitu “ Catat / tulis apa yang dikerjakan/dilaksanakan, kerjakan/laksanakan apa yang dicatat/ditulis dan jangan lupa mendokumentasikannya. Dan menurut beliau apabila hal ini sudah kita kerjakan kita tidak akan mengalami kesulitan apabila ada permintaan terhadap laporan yang disertai dengan bukti – bukti yang telah catat serta dokumentasi yang lengkap.

Dan kegiatan ini juga merupakan awal dari persiapan untuk akreditasi sekolah, karena menurut tim asesor bahwa PKKS bukan hanya kegiatan penilaian saja tapi juga sekaligus kegiatan pembinaan kesekolah – sekolah.   

 

Kegiatan PKKS dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Kegiatan ini diawali dengan  tari penyambutan yang dipersembahkan oleh Group Tari Sanggar Seni Riak Danau SMA Negeri 1 X Koto Singkarak yang kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan yang diisi dengan sambutan Kepala SMA Negeri 1 X Koto Singkarak dan dilanjutkan dengan arahan dari Koordinator Pengawas serta arahan dari tim asesor. Disela – sela sambutan dan arahan juga dihibur dengan penampilan Tarik suara dari anggota Sanggar Riak Danau yang menampilkan Agung Setiawan Juara 2 Lomba Solo Song Minang Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020, kemudian dilanjutkan dengan penampilan Juara 2 Lomba Solo Song Dangdut Tingkatak Regional (Sumbar, Riau, Jambi) tahun 2021 atas nama Nurul Amalia Putri dan terkahir penampilan Indah Aulyani Pemenag Lomba Solo Song Tingkat SMA N 1 X Koto Singkarak Tahun 2020.

 

Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan inti, tim pengawas menilai satu per satu aspek yang menjadi poin penting dalam penilaian.  Kegiatan ini berjalan cukup lancar. Harapan kami dari Kelaurga Besar SMA Negeri 1 X Koto Singkarak kegiatan  PKKS ini bisa menambah kualitas sekolah dan memberikan hasil yang terbaik dan juga menjadi bahan evaluasi untuk persiapan menghadapi akreditasi sekolah yang menurut jadwal akan dilaksanakan bulan yang sama ditahun depan…

 

Lokasi SMAN 1 X Kt Singkarak

Agenda Sekolah

Mei 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31

Pengumuman

Kepada YTh. Bapak/Ibu Majelis Guru SMAN 1 X Kt Singkarak, disampaikan bahwa pada hari Senin Tanggal 20 Juli 2020 Jam 08.00 akan dilaksanakan Workshop tentang pembelajaran daring, untuk itu kepada Bapak/Ibu majelis guru diharapkan untuk hadir dan membawa HP Android, Bahan Ajar, Soal - soal yang relevam dan lain - lain.
demikianlah pengumuman ini kami sampaikan untuk dapat dimaklumi dan dilaksanakan. Terima kasih...


Tertanda
Kepala Sekolah
SUPRIANDI, S.Pd