Berita

Kontak

Alamat :

Jalan Lintas Sumatera Km. 13 Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak

Telepon :

0755-380563 - 0755-380920

Fax :

0755-380563

Email :

infosmarak1.sch.id/sma1singkarak@gmail.com

Website :

smarak1.sch.id

Media Sosial :

PENGUMUMAN UN

PPDB ONLINE

DEBAT CALON KETUA OSIS REALISASI P5

(Singkarak, 31/10/2023) – Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan kepanjangan dari P5, adalah bagian yang tidak terpisah dari Kurikulum Merdeka.

 

Sesuai dengan Namanya, P5 adalah proyek pengembangan karakter pelajar untuk dapat hidup dan berprilaku sesuai dengan nilai – nilai Pancasila. Dan P5 merupakan kegiatan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang mengamati dan mencari solusi terhadap masalah – masalah yang terjadi disekitar kehidupan peserta didik.

 

Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah dengan program intrakurikuler dan melalui proyek ini, peserta didik diberi kesempatan untuk mempelajarai isu – isu penting sehingga mereka dapat melakukan aksi nyata untuk menjawab isu – isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhan para peserta didik itu sendiri.

 

Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah momen penting dalam kehidupan sekolah. Proses demokrasi dalam pemilihan ini tidak hanya melibatkan para kandidat yang berlomba untuk jabatan, tetapi juga melibatkan seluruh anggota sekolah yang berhak memberikan suara. Suara demokrasi ini merupakan representasi dari kehendak dan aspirasi para siswa, sekaligus menjadi cermin dari karakter mereka sebagai pelajar Pancasila.

Pemilihan Ketua OSIS yang dilakukan melalui proses demokrasi memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pengambilan keputusan. Melalui pemilihan ini, siswa diajak untuk berpikir kritis, mengevaluasi, dan memilih calon pemimpin yang dianggap mampu mewakili aspirasi dan kepentingan siswa secara luas. Suara mereka menjadi manifestasi dari semangat demokrasi yang harus dijunjung tinggi sebagai wujud dari sikap mencintai tanah air dan bangsa.

SMA N 1 X Kt Singkarak  menyelenggarakan kegiatan pemaparan program serta visi dan misi para calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2023/2024 pada Senin (31/10/2023). Pemaparan program serta visi dan misi ini diikuti oleh seluruh Civitas Akademika SMA N 1 X Kt Singkarak, yang terdiri dari Majelis Guru, Tenaga Kependidikan dan terutama para siswa – siswi dari kelas X (sepuluh) sampai kelas XII (dua belas).

Kegiatan ini juga dilaksanakan debat terbuka antar calon serta yang dipandu oleh panitia pelaksana. Selain itu para guru, tenaga kependidikan serta siswa juga dapat bertanya langsung dengan para calon tentang program, visi dan misi yang akan mereka laksanakan jika terpilih menjadi pasangan Ketua dan Wakil Ketua OSIS nantinya.

Sementara untuk kegiatan pemungutan suara akan dilaksanakan pada hari Jum’at (03/11/2023) yang akan  yang akan dilakukan melalui proses demokrasi yang memberikan kesempatan bagi setiap siswa-siswi SMA N 1 X Kt Singkarak untuk berpartisipasi secara aktif dalam pemungutan suara.

Kegiatan pemaparan program kerja dan visi misi serta debat calon  Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA N 1 X Kt Singkarak diawali dengan sambutan oleh Kepala SMA N 1 X Kt Singkarak Bapak Supriandi, S.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2023/2024 adalah wujud penanaman demokrasi sejak dini dan merupakan implementasi dari P5.

Dan semua warga sekolah berharap semoga pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS tahun ini akan melahirkan kepengurusan OSIS yang Tangguh dan visioner yang dapat menaikkan prestasi sekolah kearah yang lebih baik lagi dari sebelumnya. …semoga (R@Y_smarak)

Lokasi SMAN 1 X Kt Singkarak

Agenda Sekolah

Mei 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31

Pengumuman

Kepada YTh. Bapak/Ibu Majelis Guru SMAN 1 X Kt Singkarak, disampaikan bahwa pada hari Senin Tanggal 20 Juli 2020 Jam 08.00 akan dilaksanakan Workshop tentang pembelajaran daring, untuk itu kepada Bapak/Ibu majelis guru diharapkan untuk hadir dan membawa HP Android, Bahan Ajar, Soal - soal yang relevam dan lain - lain.
demikianlah pengumuman ini kami sampaikan untuk dapat dimaklumi dan dilaksanakan. Terima kasih...


Tertanda
Kepala Sekolah
SUPRIANDI, S.Pd